Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

7 Tips Memilih Mainan yang Tepat bagi Anak Anda

Ketika akan menjelang hari perayaan ulang tahun, mungkin buah hati Ayah Bunda mengatakan beberapa mainan yang ingin dimilikinya. Mungkin juga setiap kali ada iklan mainan di televisi atau ketika sedang berjalan-jalan di mall, buah hati Ayah Bunda menunjuk pada semua hal yang mereka lihat, meminta Ayah Bunda untuk membelikannya. Meskipun demikian, sebelum memenuhi keinginannya, ada beberapa hal yang harus Ayah Bunda pertimbangkan saat membeli mainan tersebut.

Berikut beberapa saran untuk membuat pilihan yang tepat apa yang akan diberikan bagi buah hati Ayah Bunda.

Pilih nama merek

Merek yang terkenal cenderung lebih memiliki reputasi dan garansi keamanan kandungan bahan dan daya tahannya. Jika Ayah Bunda berbelanja online khususnya, periksalah terlebih dahulu nama merek selain mempertimbangkan kemurahan harganya. Harga yang murah, selain harga promo/ cuci gudang seringkali memiliki masalah dalam daya ketahanan dan kandungan bahannya, selain juga vendor tersebut bisa saja kurang memiliki reputasi yang baik.

Cek ulasan para pembelinya

Untuk suatu produk mainan yang akan dibeli, Ayah Bunda dapat belajar banyak dengan memeriksa/ memperhatikan komentar para pembeli yang telah menggunakannya melalui internet. Jika banyak ulasan yang lebih buruk daripada yang bagus, maka mungkin lebih baik Ayah Bunda mencari merek lain atau mainan yang lain.

Perhatikan persyaratan minimal usia bagi anak anda.

Berbagai mainan dirancang untuk penggunaan minimal usia tertentu bagi anak. Buah Hati di bawah usia 3 tahun misalnya, seharusnya tidak diberikan barang mainan yang kecil atau kenyal, apalagi kandungan bahan plastik berbahaya, dikarenakan sering dimasukkan ke mulut dan bahaya tersedak.

Pikirkan tentang fitur produk mainan tersebut.

Misal, gitar atau keyboard mainan pasti berguna buat Buah Hati Anda untuk mengenalkan nada dan suara, tapi apakah ada fitur kontrol volumenya? Jika tidak, setiap kali buah hati memainkannya pastilah sangat mengganggu Ayah Bunda, jika kebetulan sedang menelpon atau menerima telepon dari seseorang.

Pilihlah mainan yang lebih dari sekedar kesenangan.

Biasakan membeli mainan yang lebih bermanfaat bagi buah hati Anda, khususnya yang mendorong perkembangan motorik, kreatifitas dan memiliki unsur pendidikan, misal puzzle gambar, angka dan warna.

Ada juga mainan yang bisa membantu anak membangun rasa percaya dirinya seperti alat musik mainan atau alat dapur mainan.

Ayah Bunda mau merakitkan mainannya terlebih dahulu?

Ada jenis mainan yang harus dirakitkan/ digabungkan terlebih dahulu sebelum bisa dimainkan. Apa Ayah Bunda siap mendampinginya untuk merakitkan/ menggabungkan, karena pastinya buah hati belum bisa mahir melakukannya.  Oleh karena itu pastikan Ayah Bunda siap mempelajari dan mengamankan semua bagian yang kecil-kecil setelah mengeluarkan semuanya dari kemasan, karena buah hati bisa berusaha menyentuh atau mengacak-acak semua barang tersebut dengan perasaan gembira, bersamaan dengan Ayah Bunda sedang menggabungkannya.

Sekali lagi pertimbangkan harga beli sesuai dengan nilai manfaatnya

Bisa saja di kamar tidur atau di suatu pojok ruangan buah hati anda, begitu banyak mainan yang akhirnya tidak dimainkan lagi karena bosan atau sudah rusak. Tidak semua orang memiliki anggaran yang tidak terbatas. Perhitungkan apa setara dengan nilai manfaat dan .. maaf.. pembawaan buah hati Ayah Bunda yang mudah bosan, sering menghilangkan atau sering merusakkan barang..

Sebisa mungkin kebersamaan dengan orang tua diperbanyak daripada membiarkan anak bermain sendiri, atau sekedar menuruti kemauan anak supaya tidak menangis atau supaya tenang.

Ingat, mainan harus disesuaikan dengan segi usia, manfaat, keamanan serta tahan lamanya bagi buah hati Anda.

Jika hari ulang tahun putra-putri Anda akan tiba untuk dirayakan, kami menyediakan layanan paket ulang tahun berupa bingkisan atau souvenir hamper murah. Silakan kontak Phone/ WA: 081 730 2007 / 081 730 2007.